Header Ads

Hidup di lingkungan Musik, tak Menjadi Alasan Berhenti Merokok

SLEMAN, indiegigsmedia.com - Hidup di lingkungan musik kerap diklaim sebagai peminum, perokok, nakal dan lain sebagainya oleh oknum orang-orang yang biasanya kurang menerima kehidupan pegiat musik. Hal tersebut biasanya dilakukan oleh orang tua yang berpikir negatif ketika anak-anaknya berada di lingkungan musik, band, komunitas. Banyak orang-orang hidup di lingkungan musik dan tidak melakukan hal-hal negatif, tidak melakukan tindakan asusila, bahkan tidak merokok. Apriyan Dokki , pria asal Sleman, Yogyakarta ini salah satunya, bahkan dia bisa berhenti merokok walaupun dia hidup di lingkungan musik. Berhenti merokok adalah pilihan seseorang, bukan tuntutan profesi apalagi paksaan dari pihak luar. "Pertama cuma pengin berhenti aja, kayaknya enak kalau nggak ngrokok, nggak ngganggu orang lain juga karena asapnya, ya intinya berhenti merokok ya karena murni keinginan dari diri sendiri" ungkap Apriyan Dokki salah satu bagian dari tim Momo dan Parabiru kepada indiegigsmedia.com melalui percakapan via whatsapp.


Apriyan Dokki mulai mencoba rokok sejak SMP, berawal dari coba-coba, iseng kemudian menjadi perokok berat. Semenjak menjadi perokok berat hingga berhenti merokok itu sekitar kurang lebih 10 tahun, waktu yang cukup lama untuk sebuah perjalanan. Sehari-hari dia habis sekitar 2 bungkus rokok atau kurang lebih sekitar 24 batang perhari, bisa dibayangkan jika dalam sehari ada 24 jam waktu untuknya maka per 1 jam dia menghabiskan 1 batang. Tapi semua itu berubah di tahun 2014 lalu, dalam jangka waktu satu minggu saja, dia bisa berhenti merokok. "Berhenti merokok ya bertahap, awalnya ngurangin terus lama-lama berbenti deh, tapi ga terlalu lama, sekitar semingguan kalau nggak salah aku bisa berhenti total" ungkap Apriyan Dokki. Dia memberikan beberapa tips untuk teman-teman yang ingin berhenti merokok, berikut ini adalah tips berhenti merokok versi Apriyan Dokki :




  1. Niat

  2. Kurangi minum-minuman yang manis / perbanyak air putih (karena kalau cuma minum air putih pasti ngrokok jadi nggak enak)

  3. Banyakin makan sayur dan buah


Selain tiga poin tersebut juga Apriyan Dokki menambahkan "Sama berfikir efek negatifnya itu banyak banget, baik untuk diri sendiri dan juga untuk orang lain" unkapnya. Dia merasa banyak perubahan setelah berhenti merokok, seperti badan lebih terasa segar, lebih ngirit juga katanya. "Kalau omongan orang biasanya cuma heran aja kok aku bisa berhenti ngrokok, secara penampilanku yang seperti ini" ungkap Apriyan Dokki.




[caption id="attachment_322" align="aligncenter" width="750"]apriyan dokki berhenti merokok
foto di akun instagram @apriyandokki
[/caption]

Selain berhenti merokok, dia kini juga mulai menjadi vegan ( red :  sebutan untuk orang yang tidak makan daging ). "Sedikit cerita, sejujurnya dulu aku adalah penggila bermacam-macam daging, terutama daging ayam. Tapi setelah aku sering baca-baca artikel tentang penyiksaan hewan, cara memperlakukan hewan yang akan dikonsumsi dagingnya itu sangat kejam dan beberapa dampak global yang ditimbulkan. Akhirnya aku memutuskan untuk berhenti mengkonsumsi daging ataupun berbagai olahan hewan lainnya, berat memang, tapi demi kebaikan, ini harus aku jalankan. Terus ada juga beberapa orang sahabat disekitarku yang sedikit menginspirasi seperti Mas Momo - Parabiru dan Ajeng - Havinhell" ungkap Apriyan Dokki di akhir obrolannya dengan indiegigsmedia.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.