Header Ads

Aksi Cabut Paku, Pertunjukan Musik dan Penggalangan Buku Merayakan Peringatan Hari Bumi

SLEMAN, indiegigsmedia.com - Hari bumi yang jatuh pada tanggal  22 April diperingati oleh beberapa komunitas di Yogyakarta yang menggelar sebuah acara bersama bertajuk "Bumi Yang Sama". Dalam gelaran tersebut ada serangkaian agenda yang dilaksanakan oleh mereka, diantaranya yaitu aksi cabut paku di pohon dan bersih sampah visual yang menempel di pohon. Aksi dilaksanakan di sekitar Jalan Palagan pada hari Senin ( 24/04/2017 ) siang. "Dalam rangka memperingati hari bumi sedunia, temen-temen musisi, pegiat seni rupa dan komunitas bersama-sama mencabuti banner yang dipaku di pohon. Semoga tidak lagi ada kejadian seperti itu, saya harap temen-temen yang mau buat inormasi atau event kemudian mau pasang banner, jangan di paku di pohon, bisa dengan cara di tali saja atau memilih tempat yang pas selain pohon" ungkap Pak Dewo dari Sastra Radical saat ditemui indeigigsmedia.com ketika sedang mengikuti aksi pencabutan paku dan bersih sampah visual.
Pak Dewo Sastra Radical - Foto : dokumentasi indiegigsmedia.com
Aksi Cabut Paku - Foto : dokumentasi indiegigsmedia.com
Agenda lain selain aksi cabut paku dan bersih sampah visual yaitu ada pertunjukan musik dan pengumpulan buku untuk disumbangkan ke Perpustakaan Gunung. Gelaran pertunjukan musik digelar pada hari Selasa ( 25/04/2017 ) di DC Milk Cafe sekaligus pengumpulan buku untuk perpustakaan gunung. 
Penampilan Mr.John, Garuda Samsara, Majesty, Sastra Radikal"Dewo PLO ft Sofyan Death Vomit & Juri Tunenggung, Ini Juga Band, Akar Sehat, Prosanada, South Mountain Sunrise dan Qinara Jingga meramaikan gelaran "Bumi Yang Sama" malam itu. Kurang lebih sekitar 330 buku dan uang tunai 250 ribu terkumpul dari teman-teman yang memberi donasi buku dan uang receh yang nantinya disalurkan untuk perpustakaan gunung. Perpustakaan gunung bertempat di basecamp pendakian gunung Merbabu di daerah Thekelan. 
Akar Sehat, Semarang - Foto : dokumentasi indiegigsmedia.com
Penyerahan Donasi untuk Perpustakaan Gunung Secara Simbolis - Foto : dokumentasi indiegigsmedia.com 
Buku dan uang yang terkumpul disalurkan ke Perpustakaan Gunung langsung melalui salah satu pengurus perpustakaan gunung yaitu Mas Agung Eswe yang secara simbolis di wakilkan oleh Pak Dewo Plo dengan poster flayer event yang ditandatangani perwakilan band dan komunitas yang turut membantu gelaran Bumi Yang Sama tersebut. Beberapa komunitas yang turut membantu terselenggaraya gelaran Bumi Yang Sama yaitu Minoritas Slankers Jogja, Indonesia Reggae Community, BPW Oi Jogjakarta, FAMA - Indonesia, Republik Reggae Magelang, Gunung Kidul Reggae Community, SLB Ngaso, KLaxson "Scooter klaten", Raiders Scooter Jogja, Jogja Rolling Scoots, Paseban "Scooter Bantul", Scootet Koelasi Yogyakarta dan beberapa pendukung lainnya yang tak sempat tertulis dalam flayer yang telah dibuat.

Semoga kegiatan sosial seperti gelaran Bumi Yang Sama dapat berkembang di beberapa tempat, semoga semakin banyak komunitas atau siapapun yang sadar dan mau bergerak untuk kegiatan sosial, untuk menjaga lingkungan dan untuk seslalu berbuat baik. Kami dari indiegigsmedia.com juga mengucapkan terima kasih sudah dilibatkan dalam gelaran Bumi Yang Sama, semoga lain waktu bisa bekerjasama lagi untuk agenda-agenda yang luar biasa pastinya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.