Header Ads

Pameran Tunggal Agnes Zakaria

SEMARANG, indiegigsmedia.com - Setelah beberapa tahun berproses, belajar di disiplin ilmu seni rupa, seorang pemuda bernama Agnes Zakaria akhirnya mengabarkan bahwasanya karya-karya seni rupa nya sudah siap untuk dipamerkan. Ekspresi Cinta Kasih Manusia dalam Karya Seni Gambar dijadikan sebuah tagline untuk karya-karya yang luar biasa, untuk itu kalian semua di undang untuk hadir dalam gelaran pameran tunggal Agnes Zakaria atau yang akrab disapa Goper. Bertempat di Galeri Gallery Jl.Bougenville Raya II/26, Sendangmulyo, Semarang. Pameran berlangsung tanggal 13-15 Juni 2017 pukul 10.00-22.00 wib
Pameran Tunggal berjudul Wajah Cinta ? menjadi pilihan yang tepat untuk karya-karya Agnes Zakaria tersebut, menurut kiriman kuratorial kepada indiegigsmedia.com tergambarkan bagaimana proses yang telah dilaluinya, beerikut tulisan lengkapnya :

Cinta, kasih, dan sayang merupakan respon manusia terhadap mimesis zaman dan sekaligus bentuk tiruan realita yang berkaitan langsung dalam konteks masyarakat dan lingkungan—khususnya mengenai perasaan dan bersifat fundamental bagi kelangsungan hidup. Manusia merupakan makhluk yang paling unik, paling berkuasa, sekaligus paling berpengaruh di bumi, karena manusia memiliki latar belakang sebagai makhluk istimewa dan unggul dibandingkan dengan makhluk hidup lainnya. Cinta tak memiliki batasan maupun konsensus atau kesepakatan. Ia, kasih sayang, lahir dan hadir dengan sendirinya meski memerlukan proses dalam mengenali dan menikmati kasih sayang. Ibarat langit yang menjatuhkan air, sedangkan kasih sayang menjatuhkan kedamaian. Memiliki cinta terhadap diri sendiri, cinta kasih terhadap kerabat, kawan, keluarga, dan orang-orang terdekat adalah wujud dalam berproses menikmati kasih sayang sebagai kelahiran awal sebuah perdamaian.
Dalam pameran Proyek Studi bertajuk “WAJAH CINTA?” memiliki maksud akan keterikatan seseorang terhadap orang lain—baik secara individu maupun kelompok—secara emosional dan psikologis memicu rasa nyaman, kuat, percaya diri, dan berbagai emosi lain yang bersifat positif.
Pada dasarnya wajah merupakan bagian tubuh yang paling mudah mengekpresikan segala bentuk emosi seseorang, selain gestikulasi dan pernyataan verbal. Melalui pemahaman wajah sebagai wadah ekspresi, karya yang dipamerkan kali ini tentu memiliki benang merah antara cinta dengan keberadaan ekspresi di tiap-tiap individu yang menghasikan ekspresi cinta. Lingkup yang digambarkan dalam karya ini adalah cinta secara harfiah atau universal, bukan sekadar keterikatan emosi dua manusia lain jenis atau kelamin yang hanya menghasilkan keturunan, cita, dan cinta yang teraplikasi atau direpresentasikan ke dalam karya. Beragam, bahkan tak terbatas. Wajah mewakili ekspresi cinta di tiap-tiap individu yang berbeda. Selebihnya, mengenai apa itu cinta, kembali kepada penikmat/ apresiator atau bersifat subjektif.

Di akhir judul sengaja dibubuhkan “?” pada tajuk pameran ini agar memberi garis linier mengenai pencarian akan pemahaman apa atau siapa cinta itu, dan bagaimana manusia terlibat. Bersyukur pabila keberadaan cinta mampu menular kepada orang lain, termasuk karya yang saya pamerkan kali ini merupakan jawaban dari kegelisahan atau pencarian itu.
Terima kasih dan selamat mengapresiasi. Semoga mendapatkan esensi dalam pameran bertema Wajah Cinta?
Semarang, 07 Juni 2017

Untuk teman-teman yang tertarik dengan pameran tersebut, silakan datang, gelaran pameran ini tidak berbayar alias gratis. Untuk kenal dekat dengan perupa Agnes Zakaria silakan ikuti dan pantau linimasa instagramnya di akun @agneszakaria 

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.