Header Ads

You Go Away I'm Here Bedah Karya Video Klip Ke 2 Di Album Pertama





You Go Away I'm Here (YGAIH), sebuah entitas punk dari Banjarnegara telah melahirkan buah karyanya dalam bentuk visual; video klip. Dengan mengambil single kedua mereka bertajuk "Working Class Hero", single tersebut sudah dari tahun 2017 tepatnya 1 Mei mereka luncurkan lewat kanal https://ygaihpunk.bandcamp.com/track/you-go-away-im-here-working-class-hero bertepatan dengan hari buruh.Pada tahun ini, mereka mencoba memanifestasikan lagu tersebut kedalam video klip, yang mana foto adegan dibalik layar mereka unggah tepat pada 1 Mei 2018. Namun proses kreatif dalam konsep sudah mereka bicarakan dengan matang seusai tour mandiri mereka bertajuk #MakeSomeRise17 pada akhir tahun lalu, kemudian pembuatan klip baru dimulai pada tanggal 21 April 2018, hal tersebut dikarenakan kesibukan dari masing-masing personelnya. Dalam proses pembuatan video klipnya pun termasuk cukup singkat, terhitung 8 jam mereka sudah bisa menyelesaikan tugasnya.



Tanggal 24 Agustus 2018, video klip telah dirilis secara resmi oleh mereka yang bertempat di Sabin Exhibitor Space beralamat di Pucang, Banjarnegara. Serangkaian acara seperti screening yang diikuti bedah karya oleh YGAIH & Tim Produksi dimoderatori oleh Agung Nugroho. kemudian ada musik akustik yang diisi oleh Ujung Kuku, Differ Output, Menjelang Pagi, & Here To Say. Selain itu, juga ada artmarket, lapak yang di isi oleh BikinPengin (lapak yang menjual buah karya seperti CD dan Merch lainny), Lantai Dasar (sebuah forum yg berdikari), Seni Untuk Pasar (pelapak di bidang jasa design, mural, dan multimedia), BrainBlood (clothing brand), & kegiatan sosial; sumbang buku oleh Rumah Baca Komunitas. Acara di pandu oleh MC serampangan dengan nama panggung Oce Krikrik.
Dalam bedah karya yg di selengarakan pada rilis video klip tgl 24 agustus kemarin, YGAIH membocorkan proses di balik layar produksi video klip single Working Class Hero dimana mereka mengalami pengalaman spiritual yang jarang mereka dapatkan. Dikabarkan bahwa mereka mendapatkan beberapa kendala, dari kesulitan pertama mereka mendapatkan lokasi karena lokasi mereka cancel pada h-2, sampai waktu yg mundur sedikit karena gangguan teknis yang agak mengganjal.


Imam Arief selaku sutradara sempat membocorkan beberapa ganguan teknis dalam proses produksi tersebut.
“Karena lokasi pertama kami cancel h-2, kami mulai putar otak untuk cari lokasi lagi sampai akhirnya kami di bantu mas Geza nemu lokasi itu jam 8 malem h-1 beberapa jam menuju syuting.” Jelas Arief secara langsung kepada pihak redaksi indiegigsmedia.com




“jadi ceritanya itu dimulai dari tempat yg di kabarkan cukup angker, sampai pada satu waktu ketika kami take scene fatal adegan saya, kami sempat mendengar ada suara ‘dobrak’ pintu belakang yg lumayan keras sampai-sampai fadel yg memegang jobdesk audio kaget dan memberikan job nya ke oce” papar adwin vokalis YGAIH.



Beberapa kali mereka mendapatkan ganguan teknis dalam proses tersebut membuat mereka segera mencari solusi sampai akhirnya mereka mampu menyelesaikan produksi dalam waktu 8jam.
“Kami mulai syuting sekitar pukul 10.30 w.i.b , sampai pukul 18.30 an lah, itu pun kepotong sekitar 1jam karena kebutuhan kami mengenai kelistrikan mengalami gangguan. Genset Fadel yg di bawa itu tiba2 nggak kuat dan mati mendadak. Padahal cuma nyalain 1 lampu 5 watt, karena kami Cuma pake 2 lampu. 1 lampu 500watt buat syuting, 1 yg 5 watt itu properti di adegan Saya sendiri. Akhirnya Gantan dan Rizaldhi pun terpaksa meminjam listrik warga sekitar untuk kebutuhan lampu” papar Boby ketika menceritakan kesulitan2 mereka.






Video Klip yang dikerjakan dengan metode swakelola yang melibatkan Rizaldhi sebagai produser, Agerots sebagai sinematography, Gantan Guntara sebagai Gaffer, Arfan Vibiansyah sebagai prop master dan set art, Ian Alam S. sebagai clapper dan membantu set art beserta set lampu, Geza Sebagai unit lokasi, Oce sebagai driver, dan Bayu D.C sebagai stanment adegan Rafit telah resmi keluar di kanal youtube You Go Away I’m Here pada tanggal 27 Agustus 2018.



Instagram        : https://www.instagram.com/ygaihpunk/
Bandcamp : https://ygaihpunk.bandcamp.com/track/you-go-away-im-here-working-class-hero

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.