Sabtu, 01 Desember 2018


Mati-matian membawa bekal mati". "Potongan lirik ini kami jadikan kata kunci untuk semua pendengar dalam lagu ini. Mengingat dendam juga dikaitkan dengan proses manusia belajar mengenai hidup, lagu kedua yang berjudul 'Aku' akan bermakna sebagai pendukung," Papar Dandy Vokalis Summerchild.

Diawali dari tahun 2013 silam semenjak berdiri, Summerchlid adalah salah satu band yg bisa dibilang bermula dan besar dari  panggung-panggung komunitas blues yang berangkat dari genre blues. Namun musik yang mereka bawakan kian berkembang hingga di pertengahan 2015 dan kemudian mulai berani untuk membawakan lagu ciptaan sendiri untuk memperluas jelajah panggung dengan tidak hanya di komunitas saja, namun juga di beberapa gigs lokal,  akhirnya di penghujung tahun 2016 Summerchild pun memberanikan diri untuk mengemas semua karya dalam konser tunggal dengan album yang bertajuk “Risau”.
cover album 'Risau'
Launhcing Album 'Risau'


Seiring bertambahnya usia, trio ini kemudian mencoba mengeksplorasi muatan musik agar lebih luas dan nyaman untuk didengarkan dengan mengajak beberapa kolaborator seperti; Paulus Neo (Keyboard), Elang Nuraga (Gitar) dan Ichidilaga (Vokal). Lalu setelah melewati dua tahun tanpa lagu baru, di tahun 2018 ini Summerchild sempat memproduksi video klip pertama meraka yang berjudul "Intisari". Video klip yang berhasil disajikan ini salah satu bentuk progersifitias yang di kerjakan secara swakelola dan bekerja sama dengan Ichidilaga, Slinky Bones, Huda Ramadhan, Yudha Britama, Yoga Bakti , Rio Kamil, Bayu, Atha. Adhie Bona, Sisilia Pratiwi, Remorse Of Slinky, Ruang Maya.

video klip intisari https://www.youtube.com/watch?v=RrFVQlfiuwU

Terbilang sukses dengan video klip pertama, pada tanggal 30 November 2018 sebaga penanda akhir tahun 2018 ini Summerchild mengakhiri hiatus karya dengan merilis sepasang single sebagai portal menuju album kedua. Dhandy Satria (gitar, vokal), Paulus Ryan (Bass), dan Yusak Nugroho (Drum) sepakat untuk memberi judul 2 single itu "Dendam" dan "Aku".





"Ide pembuatan lagunya baru muncul memang satu setengah tahun selepas perilisan album 'Risau'. Di sejumlah gigs kami sempat membawakan 'Dendam' dan bisa diterima dengan baik oleh pendengar yang datang. Dari sana terpacu lagi bikin karya lain yang ternyata nyambung dengan 'Dendam' yaitu 'Aku'," beber Dhandy, vokalis Summerchild kepada redaktur indiegigsmedia.com melalui press kit yang mereka kirimkan.

Kedua lagu ini punya komposisi yang berlawanan dan berseberangan secara aransemen, namun keduanya memiliki lirik yang saling bersinergi. Dalam lagu "Dendam" dengan keagresifannya Summerchild berusaha memperdengarkan bagaimana konotasi Dendam yang negatif. Mereka menggambarkan konotasi itu lewat lirik "Mati-matian membawa bekal mati". 

"Potongan lirik ini kami jadikan kata kunci untuk semua pendengar dalam lagu ini. Mengingat dendam juga dikaitkan dengan proses manusia belajar mengenai hidup, sementara komposisi lagu "Aku" sebagai lagu kedua mengalun lebih tenang  dan bermakna sebagai pendukung," sambung Dhandy.

Dalam dua lagu ini Summerchild masih membawa atmosfer kuat yang masih melekat erat dari album "Risau"  dengan konsep ke-aku-an manusia, di mana mereka masih mempertanyakan masalah identitas yang dibalut dengan materi lagu yang erat dengan reverb atau ambience.

"Niatnya agar pendengar mendapatkan sensasi tersendiri yang erat dengan karakter musik yang selama ini lahir dari band kami," sambung Ryan.

Sepasang single ini keluar diikuti dengan beredarnya merchandise dalam bentuk box set kaos dan CD edisi terbatas. CD berisi tiga lagu lain di album sebelumnya. CD edisi terbatas ini bonus dari pendengar yang sudah memesan box set berisi kaos dan stiker. Secara tidak langsung Summerchild mengikat mereka yang sudah memesan boxset secara eksklusif sebagai pendengar pertama dari kedua single ini.


"Setelah itu kami harap kedua single ini mudah didengarkan di berbagai macam platform digital. Kedua lagu juga ini diproduksi secara independent dimana semua materi suara diproduksi dan digarap oleh tim Summerchild," sambung Yusak menutup penjelasan mengenai release single mereka.

Hingga terbitnya artikel ini, Summerchild telah resmi mengunggah 2 single terbaru mereka dalam format audio di kanal official youtube mereka.

cover


Summerchild - Dendam
Lirik: Dhandy Satria 
Musik: Summerchild
Durasi: 3:30 

Summerchild - Aku

Lirik: Dhandy Satria
Musik: Summerchild
Durasi: 3:04

https://www.instagram.com/summerchildtrio/

Summerchild: 085 643 585 771

0 comments:

Posting Komentar